Cinta Kepada Rasulullah

#CINTA KEPADA RASULULLAH
Adik-adik...
Mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam adalah wajib, bahkan termasuk kewajiban terbesar dalam agama. Tidak sempurna iman seseorang hamba melainkan apabila ia telah mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam dengan benar. Dan cinta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam merupakan cabang iman dan termasuk kecintaan kepada Allah. Mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam mengharuskan adanya penghormatan, ketundukan, keteladan beliau, mendahulukan sabda beliau atas segala ucapan makhluk, mengagungkan sunnah-sunnah beliau, serta menjauhkan segala bentuk syirik dan bid’ah.
Allah berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui.”
(QS. Al-Hujurat:1)
Imam Ibnu-Qayyim rahimahullah berkata tentang ayat ini:
“ Janganlah kalian berkata sampai ia berkata, janganlah kalian memerintah sampai ia memerintah, janganlah kalian berfatwa sampai ia berfatwa, dan janganlah kalian memutuskan suatu perkara sampai ia yang berhak kepadanya.
Adik-adik...
Sebagai remaja, wajib atas kita untuk konsekuensi cinta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam yaitu mentaati apa yang beliau perintahkan. Adik-adik adapun cinta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam memiliki tanda-tanda yaitu menjalankan dan menghidupkan sunnah-sunnah, tidak boleh mencela isteri-isteri beliau karena mereka termasuk Ahlul Bait dan Ummahatul Mukminin. Mereka adalah isteri-isteri beliau di dunia dan di akhirat.
Adik-adik...
Cinta kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam menyebabkan adik-adik dapat merasakan manisnya iman. Kebaikan-kebaikan dunia dan akhirat akan adik-adik raih ketika mencintai Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam. Begitu juga sebaliknya kerusakan akan didapat apabila tidak taatnya adik-adik kepada Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam.
Mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam salah satu kunci mendapatkan pertolongan dari Allah. Rasa cinta kepada beliau juga menjadi tanda kesempurnaan iman seseorang. Hal tersebut dengan sabda beliau berikut:
“ Tidak dianggap sempurna iman salah seorang dari kalian sehingga aku lebih dicintainya dari pada dirinya, hartanya,anaknya, orang tuanya, dan manusia lainnya.” (HR. Bukhari)
Mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam dapat dibuktikan dengan memperbanyak baca shalawat kepada beliau. Selain itu, dengan meniru sifat, karakter, dan perjuangan beliau dalam menegakkan kebenaran, merampas kebatilan, dan memberdayakan masyarakat. Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasalam bersabda:
“Manusia paling mulia di sisiku pada hari kiamat adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR.Tirmidzi)

Komentar